Mengembalikan Password Windows XP/Vista dengan Ophcrack LiveCD 2.1.0

Cara mengembalikan password Windows (baca: lebih tepatnya menjebol) sudah sering anda temukan pada banyak artikel. Ada yang menggunakan cara kasar, yaitu membuat password baru atau menimpa password lama tanpa perlu mencari tahu password yang telah ada sebelumnya, ataupun dengan berbagai software password recovery.
Dari sekian banyak cara, penulis ingin membagikan salah satu cara yang cukup baik (terbaik menurut klaim para penguji yang telah membuktikannya). Yaitu dengan menggunakan Ophcrack.
Apa itu Ophcrack??
Ophcrack adalah pemecah password Windows gratis yang sangat efisien. Program ini berjalan diatas sistem operasi Windows, Linux, Unix dan Mac OS X. Ophcrack memiliki beberapa versi yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan

seperti :
[1] Ophcrack All Platform dimana anda dapat memilih jenisnya sesuai sistem operasi. Pilihan ini memerlukan instalasi kedalam sistem Windows
[2] Ophcrack Live CD dimana program ini dibundel dalam live CD sehingga dapat dijalankan tanpa
perlu instalasi ke dalam komputer. Live CD ini terdapat dua pilihan yaitu Ophcrack untuk WinXP
(452.31MB) dan Vista (532.89MB).
Semua versi bisa diunduh di http://ophcrack.sourceforge.net.
Pada artikel ini, penulis menggunakan versi Ophcrack Live CD 2.1.0 untuk Windows XP. Versi 2.1.0 adalah versi live CD dan didalamnya sudah terintegrasi Ophcrack vers.3.2.1. Pada versi Live CD sudah terintegrasi Rainbow Tables standar. Rainbow Tables adalah Tabel data terstruktur yang dapat melakukan fungsi time-memory tradeoff yang digunakan untuk mengembalikan password plaintext dari password yang dienkripsi.
Menjalankan Ophcrack LiveCD 2.1.0
Penulis berasumsi bahwa anda sudah mengunduh ISO dan membakarnya pada sebuah CD. Set komputer anda booting dari CD dan Masukkan CD Ophcrack LiveCD 2.1.0.
Kemudian anda akan mendapatkan 3 pilihan yaitu :
[1] Ophcrack Graphic Mode
[2] Ophcrack Graphic Vesa Mode
[3] Ophcrack Text Mode
Penulis memilih Ophcrack Graphic Mode. Tunggu loading untuk beberapa saat….

Setelah modul termuat, sistem akan mencari letak instalasi Windows pada harddisk komputer. Jika telah ditemukan, maka sistem akan menjalankan Ophcrack vers.3.2.1 dan mencoba memecahkan password Windows secara otomatis, cepat dan akurat.

Gambar : tampilan desktop Ophcrack LiveCD 2.1.0

Pengujian keamanan password dan kemampuan Ophcrack
Sewaktu melakukan pengujian, penulis membuat password pada user Account Windows dengan kombiniasi angka dan huruf. Ophcrack memang sangat cepat dalam mendapatkan password Windows, yaitu sekitar 3 – 4 menit untuk password dibawah 6 karakter dan 5-8 menit untuk password antara 7-12 karakter. Untuk password rumit yang diuji oleh penulis, Ophcrack tidak mampu mengembalikan password 14 karakter dengan kombinasi angka dan huruf.
Penutup
Untuk meminimalisir komputer dari metode menjebol password Windows seperti ini, lindungi BIOS dengan password dan hindari setting first boot Windows dari CD.

By. Poni Xcode Yogyafree

[slideguest id=2738188573469899934&w=400&h=300]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar